Sabtu, 06 Desember 2014

2 Metode Untuk Mengetahui Bakat Anak



2 metode untuk mengetahui Bkat Anak
Setiap manusia dikarunia bakat serta potensi yang berbeda-beda baik dalam bidang akademik, olahraga bahkan seni, sebagai orang tua yang bijak, alangkah baiknya apabila potensi serta bakat si anak dapat diraba dan diidentifikasi untuk mengasah dan mengembangkan bakat itu sedari kecilnya.
Bakat dan potensi anak yang tidak diakomodir oleh orang tua bisa menyebabkan si anak hidup dalam keterpaksaan yang membuatnya menderita, akibatnya si anak akan merasa terbengkalaikan oleh orang tuanya, berikut dua metode yang direkomendasikan oleh para periset untuk mengidentifikasi bakat serta potensi anak sejak ia masik kecil:
Sidik Jari
Sejatinya sidik jari merupakan gambaran kecil pribadi dan karakter seseorang. Salah seorang analis sidik jari terkemuka Y.Mohammad dari lembaga ‘Talents Spectrum’ mengungkapkan bahwa memang masing-masing sidik jari setiap anak bisa diteliti untuk mengetahui potensi nya sejak masih kecil.
Mohammad melanjutkan dengan mengetahui detail sidik jari kita akan mengetahui mekanisme kerja otak masing-masing orang, dengan metode sidik jari ini seseorang bisa mengetahui potensi dan bakat terpendam pada anak, mengetahui gaya belajar yang dia suka dan mengidentifikasi sisitem kerja otak yang berbeda dari satu anak ke anak yang lainnya.
Ilmu tentang identifikasi sidik jari ini lanjut Mohammad adalah salah satu dari cabang ilmu Biologi yang berbicara tentang anatomi dan genetika manusia, sidik jari pada manusia sudah terbentuk sejak umur tiga belas sampai empat belas umur kandungan janin di dalam perut ibunya.
Perbedaan antara sidik jari kaki dan tangan adalah, sidik jari kaki untuk menidentifikasi penyakit bawaan yang mungkin bisa diderita si anak di masa depan adapun sidik jari tangan untuk menidentifikasi cara dan sistem kerja otak.
Tes Multiple Intelligence
Metode yang satu ini dilakukan dengan beberapa tahapan proses, melalui berbagai rangakain tes yang bisa mengidentifikasi bakat dan potensi si anak baik dalam bidang akdemis, bidang olah raga, seni dan bidang-bidang yang lainnya.
Dengan mengetahui potensi tependam pada anak akan memudahkan orang tua untuk melakukan pengembangan dan pengasahan potensi secara lebih intensif kepada anak mulai sejak masa kecilnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar